Beredar Kabar Ketua RT Sudah Terbentuk, Firda: Pengabdian Almarhum Sudah 24 Tahun

Jemberonline.com – Informasi penunjukan salah satu warga yang dijadikan RT Tanpa ada kabar sebelumnya kepihak keluarga almarhum Pak Ji (Ketua RT 2 RW 10) membuat pihak keluarga Almarhum tidak terima dan merasa pihak Desa membuat keputusan tanpa adanya pemberitahuan pengangkatan RT baru pengganti RT lama yang belum lama ini meninggal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Firda cucu dari Ketua RT 2 RW 10 yang selama ini membantu Almarhum Pak Ji saat menemui Kepala Desa Kemuninglor Budi Haryanto, bersama Tatik (Salah satu perangkat Desa Kemuninglor) di rumah sekretaris Desa Abdul Wafi pukul 08.24 Wib, Senin (2/8/2021).

Firda mengaku tindakan kebijakan tersebut tidak sama dengan yang dilakukan terhadap RT yang sudah non aktif dan digantikan oleh keturunanya yang memang sering membantu tugas-tugas sebagai seorang RT.

“Kalau memang Almarhum Bapak saya sudah diganti, ya sedikit banyak beberapa dari perangkat harusnya mengabari serta memberitahu akan hal tersebut, bukan malah saya dibuat malu kepada warga yang mengatakan bahwa RT sudah diganti, kan malu saya mas, karena waktu itu saya sempat ke beberapa warga untuk meminta KK dan KTP warga sesuai arahan Pak Kasun, Meski saya sakit, saya tetap jalanin tugas Almarhum Bapak, karena saya masih belum tahu kalau RT sudah diganti, “Ungkap Firda dengan nada kesal.

” Saya sangat menyayangkan sekali hal ini, dan menurut saya pengabdian almarhum selama kurang lebih 24 tahun tidak ada pengakuan, dan tatkala meninggal dibuat kesempatan dan secara cepat saya mendapat informasi bahwa RT sudah digantikan dengan yang namanya Samsul warga RT 2 RW 10, “Imbuhnya.

Kades Budi Haryanto saat ditemui firda di rumah Sekdes Abdul Wafi mengungkapkan bahwa untuk pergantian RT waktu itu memang harus secepatnya karena hal tersebut terbentur dengan data yang harus diselesaikan dengan gaji-gaji RT yang lain.

Disisi lain Kades juga menerangkan kalau masalah pengesahan masih belum, “Siapapun berhak untuk menjadi RT yang penting bisa baca tulis, Kalau seadainya tidak bisa baca tulis ya tidak apa-apa juga, yang penting bisa membuat kondisi lingkungan kondusif, “Terang Budi dihadapan Firda, Tatik dan Sekdes Kemuninglor.

Perihal ATM atas nama samsul yang sudah dibuatkan, Tatik Salah satu perangkat Desa juga menjelaskan kalau itu masih belum dan rekening tersebut adalah rekening pribadi, bukan rekening untuk gaji RT, “Jelas Tatik saat menjelaskan akan permasalahan rekening dihadapan firda.

Tatik juga menambahkan, “sempat waktu itu memang beberapa orang sudah bermusyawarah dan mengajukan yang namanya Samsul dan ada surat pernyataan usulan akan hal tersebut.” Tambahnya.

Disisi lain Sekdes Abdul Wafi juga ikut angkat bicara dan menjelaskan bahwa semuanya memang terkait deadline waktu perihal data yang harus secepatnya dilakukan agar anggaran gaji RT bisa cepat selesai.

” Kalau masalah pergantian RT tersebut, memang untuk secepatnya data RT harus disetorkan langsung guna mencairkan anggaran gaji para RT yang ada di Desa KemuningLor.” Pungkas Abdul Wafi.

Ditempat terpisah Ketua RW 10 menyayangkan hal tersebut, seandainya usulan tersebut dari salah satu RT, dirinya beranggapan kalau dirinya sudah di kesampingkan dan Man Sidi (Sapaan akrab Ketua RW 10) juga tidak pernah diberitahu perihal pembentukan RT baru pengganti Almarhum Pak Ji.

” Saya tidak pernah diberitahu sebelumnya perihal penunjukan RT, dan saya cuma ketemu sama Tatik dan diberitahu oleh yang bersangkutan kalau Samsul (pengganti Pak Ji ) sudah dibuatkan ATM, “Ungkap Ketua RW 10 Dusun Rayap tersebut saat dikonfirmasi perihal pergantian RT baru pengganti RT lama yang belum lama ini meninggal dunia karena sakit.

Keputusan Kades Kemuninglor setelah firda menemui dirinya adalah dengan mengadakan musyawarah dengan masyarakat lingkungan RT 2 RW 10 Dusun Rayap, Hal tersebut disampaikan langsung oleh kades, Hal lain dari penyampaian kades adalah pihak Desa tidak pernah mengesahkan dan belum membuatkan ATM atas nama Samsul selaku warga yang diusulkan oleh beberapa orang termasuk salah satu satu dari RT di lingkungan Dusun Rayap.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima Atas Kunjunganya