Gudang Pengeringan Tembakau Milik PTPN X Terbakar, Kerugian Ditaksir 5 Miliar

Jemberonline.com – Kebakaran yang menghanguskan tiga gudang pengeringan tembakau milik PTPN X Ajung Gayasan, yang berlokasi di Dusun Bilangan, Desa Lengkong Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jum’at 10/9/2021 pukul 2.30 pagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun gudang pengeringan yang terdiri dari 30 longkang yang terbuat dari bambu yang beratapkan welit dan mudah cepat terbakar. Didalam gudang yang berukuran 14.400 m tersebut diketahui masih dalam keadaan terisi penuh dengan tembakau.
Hosting Unlimited Indonesia
Menurut Kapolsek Mumbulsari saat dikonfirmasi perihal penyebab kejadian kebakaran serta dari hasil pantauan, didalam gudang pengeringan tersebut tidak terdapat aliran listrik dan beruntung saat kejadian tidak ada aktifitas apapun didalam gudang.

“Beruntung di saat kejadian, di dalam gudang tidak ada aktifitas atau kegiatan apapun, dari hasil pantauan di dalam gudang tidak terdapat aliran listrik, “tutur AKP Subagiyo.

Kapolsek Mumbulsari mengatakan bahwa pihaknya turut prihatin dengan peristiwa kebakaran tersebut. “Kami prihatin atas peristiwa yang terjadi, tiga gudang yang terbakar sedang terisi semuanya. Begitu dapat laporan dari masyarakat, saya beserta jajaran langsung meluncur ke TKP, “kata Kapolsek.

AKP Subagiyo juga menambahkan terjadinya kebakaran gudang milik PTPN X sangat cepat, karena barang yang ada didalam gudang sangat mudah terbakar ditambah angin yang kencang saat kejadian berlangsung, sehingga api sangat sulit untuk dikendalikan.

“Kebakaran ini terjadinya sangat cepat, hal tersebut dikarenakan materi gudang beserta isinya adalah barang barang yang mudah terbakar, serta angin yang cukup kencang, sehingga api sulit dikendalikan. “Imbuhnya Subagiyo.

Sekitar setengah jam setelah awal kebakaran dua mobil Dinas PMK pun datang, serta adanya partisipasi masyarakat yang juga ikut membantu, api pun bisa dipadamkan setelah dua jam.

Kuat dugaan api berasal dari gudang milik mandor Abdul Muni yang paling utara, api berasal dari atas atap gudang bagian paling utara sebelah timur di longkang ke 30, dan api terus membesar serta menjalar dan menghabiskan seluruh bagian dari pada gudang.

Percikan api yang berterbangan kearah timur akhirnya berimbas pada gudang yang di sebelah timur, sehingga kedua gudang itupun ikut terbakar. Dari kebakaran ketiga gudang tersebut, kerugian ditaksir sekitar 5 M (lima miliar), padahal disaat kejadian para Kemit atau waker sedang berada ditempat dan berjaga didepan gudang.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima Atas Kunjunganya