Pencuri Truk Lintas Kabupaten di Bekuk Polsek Semboro

Jemberonline.com – Pelaku pencurian truk di wilayah hukum Kecamatan Semboro, Jember, akhirnya berhasil ditangkap oleh tim anaconda yang di back up unit Resmob Kota 1.

Pelaku yang berhasil diamankan bernama Sipul (37) asal Dusun Krajan II, Desa Banyuputih, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang.

Saat ditangkap, pelaku sedang melakukan perjalan hendak ke pabrik PG Semboro untuk membongkar muatan tebu dan menggunakan truk hasil curian dijalan Tanggul – Semboro.

Kapolsek Semboro Iptu Agus Sholikin, saat dikonfirmasi perihal penangkapan terhadap pelaku pencurian truk diwilayahnya pada, senin 28/09/2021 membenarkan tentang kejadian tersebut.

“Betul, kami sudah melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian kendaraan enam jenis truk, yang terjadi pada akhir agustus bulan lalu mbak,” kata Kapolsek.

Baca juga:  Uang 36 Juta Raib Tertipu Orang Tak Dikenal Hanya Melalui Hubungan Telepon

Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku yakni, 1 unit Truck Mitsubishi, tahun 2006 dengan Nomer Rangka : MHMFE349E6R0915551, Nomer mesin.: 4D34A05636 dan 1 lembar STNK Truck Mitsubishi, tahun 2006,  No.Pol.: P-9796-UR, No Rangka : MHMFE349E6R0915551, No.Sin.: 4D34A05636, Atas nama : ASMAWI d/a : Dusun Mundurejo  Rt.001, Rw 004, Desa Umbulsari, Kecamatan Umbulsari, Jember serta satu buah kontak yang digunakan untuk merusak kunci pintu truck.

Selain itu, Kapolsek juga menjelaskan jika pelaku ini modus operandi nya adalah dengan cara merusak pintu truk yang sudah ditandai dan menjadi target.

“Tersangka melakukan pencurian dengan cara merusak pintu truck sebelah kanan dan menghidupkan mesin dengan menggunakan kunci kontak kendaraan lain (kunci kontak truck sebelumnya sudah rusak),” jelasnya.

Baca juga:  Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Kencong Babak Belur Dihajar Massa

Kasus pencurian truk tersebut terungkap lantaran ada warganya yang melaporkan kalau kendaraannya jenis truk itu hilang, saat sopir hendak ingin mengambil truk yang ia parkiran PG Semboro.

“Kronologisnya yaitu seorang sopir yang merupakan saksi menceritakan bahwa usai bongkar muatan di PG Semboro, truknya diparkir dihalaman bandaran tempat kejadian dan truk sudah dikunci, keesokannya mau mengambil truknya sudah tidak ada,” beber Kapolsek.

Dan atas kejadian itu, sopir truk tersebut memberitahukan kepada pemilik truk, jika truknya hilang dan langsung dilaporkan ke pihak Polsek semboro.

“Sopir ini kemudian memberitahukan kepada pemilik truk dan berusaha melakukan pencarian, akhirnya pada hari Selasa tanggal 31 Agustus 2021 lalu korban melakukan pelaporan terkait insiden yang menimpanya tersebut,” kata Kapolsek

Baca juga:  Damai Okey, Nurul : Penuhi Syarat Kami

Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3e, 5e KUHP ancaman hukuman penjara selama – lamanya tujuh tahun. (dop)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima Atas Kunjunganya