Petik Laut Larung Sesaji Acara Sakral Tahunan Nelayan Puger

Jemberonline.com – Petik Laut Larung Sesaji  sebuah acara tahunan di Bulan Suro yang sangat di tunggu tunggu oleh masyarakat nelayan pantai Puger,  khususnya Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Jember.

Meski kali ini acara diselenggarakan dengan sangat sederhana namun tetap terasa kesakralanya. Pemdes Puger Kulon menggelar acara Petik Laut Larung Sesaji dan selamatan desa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara keras. Prosesi hanya di ikuti oleh perangkat desa  dan beberapa tokoh masyarakat.

Baca juga:

Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Kencong Babak Belur Dihajar Massa

Diduga Depresi Sesak Nafas Menahun Seorang Kakek Nekat Gantung Diri

Indahnya Bulan Biru Di Temaramnya Malam

“Petik Laut Larung Sesaji dan Selamatan Desa merupakan sebuah kearifan lokal yang sangat ditunggu oleh masyarakat, ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat, yaitu tasyakuran, meskipun dengan sangat terbatas sekali akan tetap kami laksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan keras  seperti memakai masker, mencuci tangan dan tidak boleh ada kerumunan,” kata Kepala Desa Puger Kulon, Nurhasan, pada Selasa pagi 24/8/2021.

Nurhasan mengungkapkan, acara yang digelar pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang pelaksanaannya sangat meriah dan diikuti oleh berbagai unsur masyarakat.

Jolen-jolen berisi sesaji yang dulunya diarak dengan berjalan kaki dari kantor desa ke laut sekarang tidak lagi dilakukan karena untuk menghindari kerumunan di masa pendemi.

“Hanya ada 2 jolen yang berupa replika perahu berisi hasil bumi kita bawa dari balai desa pakai angkutan mobil ke dermaga, setelah dari dermaga baru dibawa ke tengah laut untuk dilarung,” ujar Nurhasan.

“Dengan adanya Petik Laut Larung Sesaji sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, kalau kita bersyukur insya Allah rejeki kita akan bertambah, dan semoga pandemi segera berlalu dari bumi Nusantara Republik Indonesia tercinta, Aamiin yaa robbal alamin.” pungkas Nurhasan. (dop)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima Atas Kunjunganya