Soldier ODGJ Bawa Senjata Mainan Diamankan Dijalan Raya Gumukmas

Jemberonline.com – Agus Penceng Kurniawan,(49) yang diketahui beralamat di Dusun Gumukbanji, Desa kencong Kecamatan Kencong akhirnya tidak bisa berkutik setelah ditangkap dan diamankan dipinggir jalan raya Kuburan Cina oleh anggota Koramil 0824/20 Gumukmas pada Kamis,(26/8/2021) sekitar pukul 11.00 Wib.

Yang bersangkutan diamankan oleh anggota Koramil Gumukmas yang berjumlah tiga orang yakni Peltu Erman, Serma Toha dan Serda Rois yang saat itu sedang melakukan Patroli wilayah dikawasan Gumukmas.

Pada saat keluar dari Koramil mereka bertiga mencurigai seorang warga yang melintas dengan memakai baju Doreng lengkap, sepatu dan juga senjata jenis pistol melintas ke arah timur mengunakan sebuah sepeda motor jenis Smash warna Biru Hitam bernopol P 3031 PU.

Karena pada saat yang bersangkutan dikejar melarikan diri dan memacu sepeda motornya, ketiga anggota lalu mengejar bersama sama dan akhirnya tertangkap tangan dijarak 1 kilo meter dari Koramil Gumukmas.

Pada saat diamankan, yang bersangkutan hanya diam dan pada saat digeladah didalam jok motor ditemukan beberapa selongsong dari peluru hampa.

“Kami juga kaget tadi, pada saat kita kejar, dia memacu kendaraan nya dan ketika kita geledah kami temukan hal yang mencurigakan, seperti selongsong peluru, senjata pistol dan juga sangkur, tapi karena yang bersangkutan berbelit belit ketika kita tanyai dipinggir jalan raya kuburan cina jadi yang bersangkutan kita bawa Ke Mapolsek Gumukmas,” kata Serda Rois.

Pada saat datang dan diamankan di Mapolsek Gumukmas, yang bersangkutan ditanya masih berbelit belit dan mengaku warga Kabupaten Jember, namun beberapa anggota curiga karena omongan yang bersangkutan semakin ngelantur, hingga membuat anggota mencari tahu dan ternyata benar yang bersangkutan disinyalir memang agak kurang waras pemikiran atau ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa).

“Kita lakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan dan kita dapat titik terang yang bersangkutan adalah warga Desa Kencong bernama Agus Kurniawan dan belum asa dipanggil Penceng. Keterangan tersebut diperkuat oleh Kasun setempat yang juga datang dan menuturkan jika memang yang bersangkutan tersebut kurang sehat pemikiranya,” ungkap Kanit Reskrim Mapolsek Gumukmas, Aiptu Amin Shahril SH.

Dalam keterangannya Agus juga menyampaikan bahwa seragam nya, serta pernak pernik militer miliknya didapat dari temanya.

“Saya dapat seragam tentara lengkap ini dari seseorang warga ambulu, dan pernak pernik lainya seperti senjata api mainan dan juga sangkur pramuka, juga selongsong peluru dapat dikasih juga,” ungkap Agus sambil senyum senyum.

Karena yang bersangkutan ketika ditanya mengaku orang Jember dan lalu mengaku orang Kecamatan Ambulu, dan Kencong, akhirnya petugas dari Mapolsek Gumukmas dan Koramil Gumukmas mencari informasi detail dari Kasun Desa kencong yang datang ke Mapolsek.

“Benar ini pak, dia memang kurang waras, dan sering kita ingatkan, namun tidak digubris sama Agus,” pungkas Kasun Lismono. (dop)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima Atas Kunjunganya