Tegalwangi Kampung Gurami, Bupati Jember Anjurkan Kegiatan Paket Wisata

Jemberonline.com – Bupati Hendy menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan Dusun Tegalwangi, Desa Jati Songo, Kecamatan Umbulsari, Jember, yang dinilai berhasil mempertahankan roda perekonomian dengan tetap berproduksi ternak ikan gurami meski di masa Pandemi. Hal tersebut dikatakan Bupati Jember dalam kunjungannya Sabtu 18/9/2021.

“Saya sangat bangga sekali dengan Dusun Tegalwangi ini. Dari dulu mulai awal kampanye kami sudah sering ke sini dan kami bangga dengan dusun ini. Gurami disini hebat sekali dan saya punya keinginan untuk membuat satu prasasti berbentuk gurami. Ada hal yang belum pernah saya rasakan bahwa sepanjang jalan tadi ada bakar gurame, Masya Allah,” ujar Hendy dalam sambutannya.

“Di kondisi seperti ini, Dusun Tegalwangi ini masih eksis, saya yakin meskipun kemarin kemarin itu masih naik turun posisinya dalam ekonomi, tapi gurami ini tetap bertahan dan saat ini saya sangat yakin dengan ekonomi dan posisi level kita sudah mulai menurun dan insyaallah ekonomi sudah mulai bergerak,” kata Bupati.

Baca juga:  Bupati Jember Geram dengan Munculnya Jembatan Bambu di Mayangan

Dalam pidatonya, Hendy berharap bisa memasukkan dalam program untuk di desa-desa lain, bisa dijadikan contoh yang sama untuk penguatan ekonomi dari sektor perikanan. Tentunya pengalaman warga Dusun tegalwangi ini menjadi sangat penting untuk bisa membantu warga yang lain. Dan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk mempromosikan Tegal wangi menjadi kampung gurami.

Dikatakan oleh Bupati bahwa Tegalwangi bisa menjadi destinasi wisata. Bahkan dalam pidatonya Hendy menganjurkan agar Tegalwangi membuat satu paket kegiatan wisata.

“Tegalwangi bisa menjadi destinasi wisata, perlu kita perhatikan bersama jika nanti sudah mulai terkenal serta banyak warga Jember atau luar Jember yang datang ke Tegalwangi, maka Tegalwangi akan menjadi destinasi wisata, termasuk kuliner. Mohon bisa dibikin satu paket. Satu paket kegiatan wisata bukan hanya makan gurami bakar saja dengan aneka ragam masakan yang keren, tapi bentuklah suatu paket kegiatan bukan hanya membakar, tapi mulai dari edukasi bagaimana ternak gurami yang baik,” pungkas Hendy.

Baca juga:  Pemerintah Kabupaten Jember Lepas Liarkan Hewan di Lindungi di Pulau Nuso Barong

Untuk itu Hendy akan mengingatkan Kepala Dinas Bina Marga untuk memperbaiki seluruh jalan di Tegalwangi dengan sebaik mungkin. Kalau tahun ini belum masuk, akan dimasukkan di perbaikan tahun depan dengan harapan agar semua akses jalan masuk ke Tegalwangi menjadi mulus semua.

Pemilik Fish Resto, Mulyono, saat dikonfirmasi beberapa awak media juga menyambut positif apa yang dicanangkan Bupati.

“Dikampung kami memang layak jika akan dijadikan sebagai kampung gurami. Kami sediakan mulai indukan, bibit, sampai dengan pembesaran. Ada sekitar seratus kolam yang ada di dusun ini. Jika ada orang luar yang ingin belajar, kami terbuka,” ucap Mulyono dengan lugu.(dop)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima Atas Kunjunganya