Terobosan Mengajar dengan Media Radio Diterapkan di Semawon Kencong

Jemberonline.com – Menyikapi situasi yang masih belum memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh, seperti yang terjadi sebelum masa pandemi, SMAN 1 Kencong, yang lebih dikenal dengan nama Semawon, mensiasati pembelajaran atau sistem belajar mengajar, salah satunya dengan melalui media radio.

Menurut Eko Susilo Santoso, Wakil Kepala Bidang Humas yang sekaligus guru bahasa Inggris mengatakan bahwa media radio ini merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk proses pembelajaran, selain itu, media radio ini juga irit, karena siswa bisa belajar dengan tanpa modal untuk beli pulsa, asal sudah punya radio sudah bisa mengikuti mata pelajaran yang dilakukan di sekolah.

“Dengan pakai handphone saja siswa sudah bisa mengikuti pelajaran, sudah ada sarananya tanpa harus beli paket, jadi siswa dapat mengikuti pelajaran dari semua guru dengan hanya mendengarkan radio saja,” papar Eko.

Baca juga:  Bantu Gali Makam Tetangga Rumah Habis Dilalap si Jago Merah

“Tidak hanya itu saja, melalui sambungan telepon kami membuka hubungan interaktif dengan siswa kalau mungkin siswa tersebut hendak bertanya,” jelas Eko.

Dalam pembelajaran yang berkenaan dengan mata pelajaran bahasa Inggris, dalam interaksinya, 75 % siswa diwajibkan menggunakan bahasa inggris. Dengan demikian siswa akan terlatih untuk berbahasa Inggris.

“Untuk pelajaran bahasa Inggris, siswa saya wajibkan 75 % menggunakan bahasa Inggris, yang 25 % kadang kan siswa belum tahu mengartikannya,” pungkas Eko.

Radio Suara Edukasi Semawon FM, itulah nama yang dipilih untuk program pembelajaran siswa melalui media radio oleh SMAN 1Kencong. Dalam keterangannya, Eko juga mengatakan bahwa sistem pembelajaran radio di sekolah ini sudah ada sejak sembilan tahun yang lalu. (dop)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima Atas Kunjunganya